Cara Menghitung Hukum Kirchof 1 dan 2 Dengan Loop

HUKUM KIRCHHOFF 1 dan2 ini berfungsi untuk menganalisis rangkaian-rangkaian listrik majemuk yang cukup rumit.Akan tetapi sebagian orang menyebut kedua hokum ini dengan Aturan Kirchoff, karena dia terlahir dari hukum-hukum dasar yang sudah ada sebelumnya, yaitu hokum kekekalan energy dan hokum kekekalan muatan listrik.

HUKUM KIRCHHOFF I : Jumlah aljabar arus yang masuk pada titik percabangan sama dengan arus yang keluar dari titik percabangan.

Analisis menurut Hukum Kirchoff I, rangkaian ini mempunyai dua titik pertemuan yaitu titik C dan F, maka pada titik ini berlaku



 

HUKUM KIRCHHOFF II : Pada rangkaian tertutup (loop), jumlah GGL sama dengan jumlah. rugi-rugi tegangan.

Dirumuskan :

V +  IR = 0

Yang dimaksud dengan kerugian tegangan yaitu besarnya tegangan dari hasil kali antara besarnya arus dengan hambatan yang dilalui.

 


Cara perhitungan :

1.   Terlebihi dahulu arah arus loop dimisalkan searah dengan arah jarum jam (atau sebaliknya).

2.   Arah arus sumber tegangan yang sesuai dengan arus pemisalan, sumber tegangan tersebut. Diberitanda positif, begitu sebaliknya.

3.   Menghitung persamaan loop, untuk mendapatkan arus loop maka persamaan-persamaan loop tersebut disubtitusikan, atau dapat juga dicari dengan matrik.

4.   Bila didapatkan arus tersebut negative, maka arah arus loop tersebut arahnya berlawanan dengan arah arus pemisalan, begitu sebaliknya.

Dari gambar diatas didapatkan persamaan-persamaan loop sebagai berikut :


Contoh



Analisa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kotaku Yogyakarta Penuh dengan Wisata Menarik

  unsplash.com/nugroho Oke Lurs,  Pada kali ini, kita akan bercerita tentang daerah asalku, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, panggilan...