Cara Mengukur Arus Listrik dengan Test Pen

 

A.     Pengertian

Penguji Arus Listrik (Electrical Test Pen) adalah peralatan pengujian yang biasa digunakan oleh teknisi listrik. Ia digunakan untuk memeriksa secara cepat apakah kabel listrik itu memiliki listrik atau tidak.  

Test pen biasanya dirancang dalam bentuk obeng. Ujung alat penguji ini perlu disentuh pada bagian konduktor pada kabel listrik dan lampu indikator di dalam test pen tersebut akan menyala jika kabel tersebut memiliki listrik 

Maksudnya adalah apakah terdapat tegangan listrik atau tidak, contohnya pada stop kontak atau kabel listrik. Seringkali kita tertukar antara tespen dan obeng minus, karena bentuknya yang mirip. (gunakan tespen hanya untuk membuka baut / sekrup yang ringan agar terhindar dari kerusakan, selebihnya sebaiknya gunakan obeng minus yang sebenarnya).

 

B.     Cara Kerja Obeng Test Pen

Test pen bekerja berdasarkan rintangan antara badan manusia dengan bumi. Badan manusia akan bertindak sebagai penghalang, di mana arus listrik akan melalui badan manusia untuk kembali ke bumi. Arus tini tidak berbahaya bagi manusia karena nilainya terlalu kecil.

 

Jika dilihat dengan seksama pada bagian dalam test pen, ada satu karbon hitam yang dipasang pada lampu indikator. Karbon tersebut bertindak sebagai penghalang bernilai besar untuk mengecilkan nilai arus yang melalui tubuh manusia.

 

C.     Rangkaian Tespen

Rangkaian Tespen adalah alat yang di gunakan untuk mengecek atau pun mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik. Rangkaian Tespen berbentuk obeng yang memiliki mata minus (-) berukuran kecil pada bagian ujungnya. Tespen juga memiliki jepitan seperti pulpen sebelumnya dan di dalamnya terdapat led yang dapat menyala sebagai indikator tegangan listrik. 

 

Tespen juga di kategorikan alat untuk mengetahui ada tidaknya suatu benda, mesin dan sebuah rangakain listrik akan ada daya listrik atau tidak. Di dalam tespen ada komponen berupa mata obeng, peer dan lampu induktor. Apabila lampu induktor yang terdapat di dalam tespen menyala berarti ada listrik dalam benda yang kita tes. Di zaman terdahulu orang banyak menggunakan lampu yang di hubungkan dengan dua buah kabel sebagai pengganti tespen.



 

Bagian atas tespen adalah plat logam (metal cap) yang berfungsi sebagai konduktor untuk menghantarkan listrik negatif dari jari kita. Selanjutnya adalah plastik transparan sebagai pembungkus dari tespen yang didalamnya terdapat neon tube (lampu) sebagai indikator.

 

Apabila suatu penghantar terdapat listrik, maka neon tube tersebut akan menyala. Bagian yang terakhir terletak di bagian paling bawah adalah kontak metal (batang logam), bagian ini dimasukkan / ditempelkan ke penghantar yang akan di uji.

  

D.    Cara Pakai Testpen,

Berikut langkah langkahnya:

1.      Siapkan tespen dan letakkan jari kalian di ujung atas tespen.

Perhatian:

letakkan jari hanya pada ujung atas tespen, jangan sampai tersentuh bagian bawah tespen.

2.      Pastikan plat logam ujung tespen telah tersentuh oleh jari kalian, jika terdapat isolasi silahkan dilepas.

3.      Siapkan penghantar listrik yang akan di uji, contohnya stop kontak listrik (lubang colokan). Pastikan stop kontak tersebut memang terhubung dengan listrik.

4.      Masukkan ujung bawah tespen (seperti obeng minus) ke penghantar listrik yang akan di uji (stop kontak).

5.      Tunggu beberapa saat, apabila lampu indikator tespen menyala maka penghantar listrik tersebut terdapat tegangan listrik.

6.      Masukkan ujung tespen pada lubang stop kontak lainnya, apabila lampu tidak menyala maka berarti tidak terdapat tegangan.

7.      Jika kalian menemukan kondisi seperti langkah 5 & 6 maka stop kontak kalian dalam keadaan normal. Jika menyala keduanya, maka berarti jalur netral/ground dialiri listrik, kemungkinan rusak.

8.      Apabila telah selesai, cabut tespen dengan perlahan dan simpan kembali tespen yang baik, agar awet dan tidak mudah rusak.

 

Ingat, selalu utamakan keselamatan dan keamanan dalam bekerja ya, apalagi saat menggunakan peralatan listrik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kotaku Yogyakarta Penuh dengan Wisata Menarik

  unsplash.com/nugroho Oke Lurs,  Pada kali ini, kita akan bercerita tentang daerah asalku, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, panggilan...